Sabtu, 29 September 2012

Pentingnya kecepatan load halaman web atau blog terhadap optimasi di google



Banyak hal yang menetukan web atau blog terindek oleh google. Cara-cara yang dilakukan oleh para master web dan blog juga berbagai macam, mulai dari cara onpage dan offpage, cara mencari backlink sebanyak-banyaknya, tukar link dengan sesama bloger sampai dengan cara extreme yang banyak mereka lakukan hanya untuk mendongkrak popularitas blog mereka dimata google. tentunya cara tersebut ada yang disukai dan ada pula yang tidak disukai. Salah satu untuk yang merupakan bahan pertimbangan google untuk menempatkan SERP sebuah web atau blog adalah kecepatan loadingnya di browser.

Page Speed adalah extension untuk mengetes performance suatu website atau blog berdasarkan load time atau waktu yang dibutuhkan untuk mengakses suatu halaman website. Tujuannya untuk lebih mengoptimalkan performa website agar load time-nya bisa diminimalisir. Waktu yang dibutuhkan untuk loading suatu web pages bisa dikurangi dan user bisa lebih nyaman dan mudah mengakses halaman yang dikunjunginya, mengurangi bandwidth dan biaya hosting.

Page speed adalah salah satu faktor penting yang sayangnya sering diabaikan bahkan tidak diperhitungkan. Semakin cepat page speednya semakin besar potensi suatu website untuk muncul di urutan pertama hasil pencarian Google. Tanpa memperhitungkan faktor lainnya yang banyak itu, bila dua halaman website menulis hal yang sama dengan keyword yang sama di dalamnya, satunya misalnya memiliki page speed 55/100 sedangkan satunya lagi 80/100 maka website yang kedua dengan page speed 80/100 memiliki peluang untuk muncul di urutan pertama hasil pencarian Google dibandingkan situs pertama.

Baru-baru ini Google meluncurkan Page Speed Online sebagai web-based tool di Google Labs dimana sebelumnya hanya berupa extension di browser Firefox dan Chrome. Tools ini akan menganalisa performances suatu web pages dan memberikan saran spesifik tentang bagaimana cara membuatnya lebih cepat. Di Page Speed terbaru juga sudah disertakan fitur baru untuk optimasi mobile version terutama untuk Smartphones. Di Page Speed mobile version juga kita akan mendapatkan tip/saran bagaimana cara mengeliminasi landing page redirects yang uncacheable dan mengurangi JavaScript parse selama loading page, dua masalah pokok yang sering memperlambat mobile pages.

Untuk mengetes Page Speed halaman website anda silahkan lihat kembali caranya disini Page Speed nilainya paling tinggi 100, Google.com misalnya memiliki Page Speed 97/100 sedangkan halaman ini ‘hanya’ memiliki nilai page speed 86/100. Google hebat ya..hehe. Page Speed halaman website/blog anda berapa?

referensi : http://www.alhamsyah.com/blog/blogging/pentingnya-page-speed-untuk-optimasi-situs-dan-blog.html

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More