Kamis, 01 November 2012

Cara Service Mekanik Printer Inkjet



Bagian mekanik printer begitu kompleks, banyak bagian-bagian yang berhubungan satu part dengan part yang lainnya saling bekerja sama, sesuai dengan perintah yang diberikan oleh rangkaian elektronik. Beda merk atau pun tipe printernya, part susunannya pun berbeda. Namun dari semua printer inkjet entah itu Canon, HP, ataupun Epson (atau yang lainnya) sebenarnya pada prinsipnya mempunyai cara kerja yang sama. Masing-masing bagian part-nya pun sebenarnya mempunyai fungsinya sama pada merk ataupun tipe printer yang berbeda, namun bentuk struktur part bagian dibuat berbeda sesuai kebutuhan masing-masing merk atau tipe printer.

Untuk lebih mempermudah penjelasan saja, bagian mekanik printer dibagi menjadi 3 bagian (kalau ada yang ingin menambah silahkan...) :

Mekanik penggerak kertas : sesuai dengan namanya, bagian mekanik ini bertugas mengatur jalannya kertas mulai dari menarik kertas dari dudukan kertas sampai mengatur jalannya kertas saat cartridge mencetak pada kertas.
Mekanik penggerak cartridge : sesuai dengan namanya, bagian mekanik ini bertugas mengatur pergerakan cartridge saat mencetak pada kertas.
Mekanik bagian vaccum penyedot cartridge : bagian ini bertugas membersihkan dan menyedot tinta pada head cartridge yang menyumbat atau menggalangi head cartridge, sehingga pada saat head cartridge mencetak/menyemprotkan tinta pada kertas, tinta bisa keluar dengan lancar (pada printer HP seri low end, biasanya tidak dilengkapi dengan bagaian vaccum penyedot ini).

Semua bagian mekanik ini bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, saling bekerja sama, bekerja sesuai dengan perintah instruksi yang diberikan oleh rangkaian elektronik. Wow.. suatu sistem kerja yang menarik untuk dipelajari.

Untuk gejala kerusakan dan cara service pada masing-masing bagian langsung kita bahas satu persatu :
- Mekanik penggerak kertas (Coming Soon)
- Mekanik penggerak cartridge (Coming Soon)
- Mekanik bagian vaccum penyedot cartridge (Coming Soon)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More