Rabu, 07 November 2012

KAMUS KOMPUTER




KAMUS KOMPUTER


APPLICATION : perangkat lunak yang digunakan untuk melaksanakan tugas-tugas tertentu, seperti melakukan perhitungan akuntansi, mengolah kata (menulis surat, perjanjian, dll.), atau menggambar (pekerjaan bersifat grafis).

ASCII : American Standard Code for Information Interchange. Kode standar yang digunakan sebagai representasi dalri teks di dalam komputer atau untuk saling bertukar teks antar komputer satu dengan komputer lain. ASCII terdiri dari 255 kode yang menjadi representasi semua teks karakter dan beberapa non-printing (control) characters.

ASSEMBLY LANGUAGE : bahasa pemrograman komputer low-level. Assembly language berinteraksi langsung dengan perangkat keras komputer.

BASIC : Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code. Bahasa pemrograman high-level. Pada tahun 1964, John Kemeney dan Thomas Kurtz merancang BASIC sebagai bahasa pemrograman yang mudah dipelajari. Karena kesederhanaannya, BASIC cepat diterima sebagai bahasa pemrograman bagi mikrokomputer.

BENCHMARK TEST : serangkaian tes yang dilakukan pada sistem atau perangkat lunak komputer unutk mengukur performanya dibandingkan dengan sistem atau perangkat lunak lain yang serupa.
BIOS : Basic Input-Output System. Bagian dari sistem operasi tertentu, seperti CP/M dan DOS yang terdiri dari drivers dan perangkat lunak lain yang dirancang untuk mengelola perangkat periferal, seperti monitor, disk drive, dan printer.

BIT : kependekan dari “binary digit”. Unit informasi terkecil yang dapat disimpan komputer. Bit bisa berupa nilai 1 atau 0. Delapan bit sama dengan satu byte.

BUG : kekeliruan pemrograman yang dapat menyebabkan suatu program atau sistem berfungsi secara tidak benar atau crash (tidak dapat digunakan).

BUNDLE : praktek penjualan aplikasi dan komputer secara bersamaan dalam suatu upaya promosi.

BUS : alur yang digunakan untuk menyalurkan data pada suatu komputer. Bus adalah satu set hubungan elektris atau elektronik antara mikroprosesor dan perangkat keras lain, seperti disk drive, papan logik, dsb.

BYTE : ukuran memori komputer atau kapasitas disk. Satu byte sama dengan delapan bits dan dapat menyimpan satu karakter ASCII, yang bisa berupa angka, huruf, atau tanda baca.

CD-ROM : Compact Disk read-Only Memory. Sistem penyimpanan optik yang dapat merekam informasi secara permanen pada suatu Compact Disk (amat mirip dengan disk yang digunakan untuk musik), lalu menayangkannya pada layar komputer.

CGA : Color Graphics Adapter. Standar layar berwarna yang diperkenalkan IBM pada 1981. Papan sirkuit CGA memungkinkan monitor menampilkan layar empat warna 320 X 200 pixel. Pada 1984, EGA (standar resolusi yang lebih tinggi) menggantikan standar CGA.

CHIP : nama tidak resmi untuk integrated circuit. Contoh : lihat microprocessor.

COBOL : Common Business-Oriented Language. Bahasa pemrograman high-level yang dirancang untuk aplikasi bisnis. COBOL menjadi bahasa yang paling banyak digunakan untuk memprogram aplikasi bagi mainframes sejak 1960-an. 
CP/M : Control Program/Microcomputer. Salah satu sistem operasi mikrokomputer pertama.

DISK : juga disebut diskette; media penyimpan magnetik yang paling lazim digunakan untuk mikrokomputer. “Floppy Disk” bisa berdiameter 5 atau 3. Program aplikasi dikemas dan dijual dalam disket, dan pengguna menyimpan data di disket.

DISK DRIVE : Alat untuk memanggil informasi dari atau merekam informasi ke disk. Komputer bisa mempunyai satu disk drive atau lebih. Disk drive bisa juga dipasang sebagai perangkat periferal.

DOS : Disk Operating-System. Nama yang biasanya digunakan untuk mengacu kepada MS-DOS (produk Microsoft) atau PC-DOS (adaptasi IBM terhadap MS-DOS). DOS menjadi sistem operasi yang paling luas digunakan untuk komputer IBM dan kompatibelnya.

EGA : Enchanced Graphics Adapter. Standar tampilan beresolusi lebih tinggi dibandingkan CGA. Resolusi EGA adalah 640 X 350 dalam mode 16 warna. Pada 1987, standar EGA digantikan oleh VGA.

FORTRAN : FORmula TRANslation. Bahasa pemrograman yang dikembangkan pada 1956 oleh John Backus di IBM, terutama digunakan untuk menangani formula ilmiah dan matematis.

GRAPHICAL USER INTERFACE (GUI) : Metode untuk menampilkan teks dan grafik pada layar komputer lewat gambar dan citra yang terbentuk lewat pola titik-titik.

HARD DISK : media penyimpan magnetik yang terbuat dari besi. Hard disk menawarkan kapasitas penyimpanan informasi yang lebi besar dibandingkan floppy disk dan dapat langsung dipasang di dalam komputer.

HIGH-LEVEL LANGUAGE : bahasa pemrograman – seperti BASIC, FORTRAN, COBOL, Pascal, dsb. – yang memungkinkan pemrogram menuliskan instruksi dengan kalimat yang mirip dengan bahasa Inggris sehari-hari untuk mengontrol komputer.

KILOBYTE (K) : unit ukuran memori komputer. Satu K sama dengan 1.024 (210) bytes.

LOW-LEVEL LANGUAGE : bahasa pemrograman, seperti assembly language, yang merupakan salah satu langkah lebih jauh dari intruksi mesin yang dapat dipahami mikroprosesor. Bahasa ini amat berbeda dengan bahasa Inggris sehari-hari dan memerlukan pengetahuan teknis perangkat keras tingkat tinggi.

MCA : Micro Channel Architecture. Bus multitasking 32-bit yang diperkenalkan IBM dengan komputer PS/2-nya pada 1987. Bus ini tidak mendukung expansion card yang dibuat untuk PC-PC sebelumnya.

MEGABYTE (MB) : unit ukuran memori komputer. Satu megabyte sama dengan 1.024 kilobyte.

MICROPROSSESOR : Central Prossesing Unit (CPU) pada mikro komputer. Mikroprosesor adalah integrated circuit atau chip pada circuit board utama komputer. Mikroprosesor menggunakan antaran elektris untuk mengatur kerja komputer.

MODEM : perangkat untuk menyalurkan data dari satu komputer ke komputer lain lewat suatu jalur telekomunikasi.
MULTITASKING : metode yang digunakan sistem operasi untuk melaksanakan beberapa operasi secara bersamaaan. Dengan sistem multitasking, pengguna dapat mencetak suatu dokumen , bekerja pada suatu lembar kerja, dan menerima data dari sebuah modem pada saat bersamaan.

SISTEM OPERASI : program yang menjadi dasar untuk berfungsinya sebuah komputer. Sistem operasi menentukan cara penanganan data ketika dimasukkan ke dalam atau diambil dari memori dan mengatur semua fungsi dasar komputer.

PASCAL : bahasa pemrograman high-level yang dikembangkan oleh Nicklas Wirth. Pascal banyak digunakan untuk pengajaran ilmu komputer.
PIXEL : kependekan dari picture element; setiap titik yang membentuk gambar pada layar video.

RAM : Random-Access Memory. RAM biasanya merujuk pada memori komputer yang menyimpan informasi untuk sementara.

ROM : Read-Only Memory. Informasi yang direkam secara permanen dan dapat dibaca oleh komputer tetapi tidak dapat diubah oleh pengguna.
VGA : Video Graphics Array. Standar grafis warna yang diperkenalkan IBM dengan PS/2 mereka pada

WINDOW : pada komputer Macintosh atau Microsoft Windows, misalnya, adalah suatu bidang persegi empat pada layar komputer yang menampilkan dokumen atau aplikasi yang sedang berjalan.window juga dapat menampilkan isi disket atau harddisk. Pengguna dapat membuka atau menutup window, mengubah ukurannya, dan memindahkannya ke tempat lain pada layar bersangkutan. Pengguna dapat membuka beberapa window sekaligus dan window-window itu dapat tumpang tindih, tergantung pada sistemnya. Konsep window awalnya dikembangkan di
Xerox dan penggunaan komersialnya yang pertama adalah pada komputer Macintosh.

WINDOWING ENVIRONMENT : perangkat lunak yang memungkinkan beberapa program DOS pada PC IBM atau kompatibelnya, misalnya, dibuka dan dijalankan secara bersamaan pada beberapa window terpisah.

Sumber : http://www.angelfire.com

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More